Yohanes 1:6-8
1:6 Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes;
1:7 ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian
tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya.
1:8 Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu.
Yohanes 1:15-18
1:15 Yohanes memberi kesaksian
tentang Dia dan berseru, katanya: "Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian dari padaku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.
"
1:16 Karena dari kepenuhan-Nya
kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia;
1:17 sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa,
tetapi kasih karunia dan kebenaran
1 datang oleh Yesus Kristus.
1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah;
tetapi Anak Tunggal
Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.
Yohanes 1:29-34
Yohanes menunjuk kepada Yesus
1:29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah
2 ,
yang menghapus dosa dunia.
1:30 Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.
1:31 Dan aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel."
1:32 Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya.
1:33 Dan akupun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air,
telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus
3 .
1:34 Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah.
"
Yohanes 3:26-36
3:26 Lalu mereka datang kepada Yohanes dan berkata kepadanya: "Rabi,
orang yang bersama dengan engkau di seberang sungai Yordan dan yang tentang Dia engkau telah memberi kesaksian,
Dia membaptis juga dan semua orang pergi kepada-Nya."
3:27 Jawab Yohanes: "Tidak ada seorangpun yang dapat mengambil sesuatu bagi dirinya, kalau tidak dikaruniakan kepadanya dari sorga.
3:28 Kamu sendiri dapat memberi kesaksian, bahwa aku telah berkata: Aku bukan Mesias, tetapi aku diutus untuk mendahului-Nya.
3:29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki;
tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.
3:30 Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.
3:31 Siapa yang datang dari atas
adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi.
Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya.
3:32 Ia memberi kesaksian tentang apa yang dilihat-Nya dan yang didengar-Nya,
tetapi tak seorangpun yang menerima kesaksian-Nya itu.
3:33 Siapa yang menerima kesaksian-Nya itu, ia mengaku, bahwa Allah adalah benar.
3:34 Sebab siapa yang diutus
Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya
dengan tidak terbatas
4 .
3:35 Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya.
3:36 Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal,
tetapi barangsiapa tidak taat
5 kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya."
1 Full Life: KASIH KARUNIA DAN KEBENARAN.
Nas : Yoh 1:17
Bagi mereka yang berada di bawah hukum PL terdapat sekedar kasih
karunia yang tampak dalam iman beberapa orang (Kej 5:24; 7:1; 15:6) dan
di dalam janji pengampunan dosa (Kel 34:6-7; Im 5:17-18). Kini melalui
Kristus, kasih karunia dan kebenaran tersedia dalam arti kata
seluas-luasnya (Rom 5:17-21). Kebenaran kini tidak lagi terselubung oleh
lambang-lambang (seperti dalam korban-korban). "Kasih karunia demi kasih
karunia" (ayat Yoh 1:16) berarti bahwa pemberian kasih karunia dan
kuasa secara terus-menerus disalurkan kepada orang percaya yang menanggapi
kasih karunia yang diberikan kepada mereka. Kasih karunia merupakan kuasa,
kehadiran, dan berkat Allah yang dialami oleh mereka yang menerima Kristus
(lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
Keselamatan tidak disebabkan oleh usaha kita untuk menaati hukum Taurat,
tetapi oleh Roh Kudus dan kasih karunia Kristus yang datang ke dalam
kehidupan kita untuk memperbaharui roh kita serta menciptakan kita kembali
menurut gambar Kristus.
2 Full Life: ANAK DOMBA ALLAH.
Nas : Yoh 1:29
Yesus merupakan Anak Domba yang disediakan Allah untuk dikorbankan
sebagai pengganti orang berdosa (bd. Kel 12:3-17; Yes 53:7;
lihat art. PASKAH).
Melalui kematian-Nya, Yesus memungkinkan penghapusan kesalahan dan kuasa
dosa dan membuka jalan kepada Allah bagi seluruh dunia.
3 Full Life: AKAN MEMBAPTIS DENGAN ROH KUDUS.
Nas : Yoh 1:33
Kata "dengan" adalah terjemahan preposisi bah. Yunani _en_ yang
dapat diartikan sebagai "oleh", "dengan", atau "dalam". Terjemahan lain
akan berbunyi "Dia yang akan membaptis dalam Roh Kudus", sama seperti
"membaptis dengan air" dapat diterjemahkan "membaptis dalam air".
Semua Injil menekankan bahwa Yesus adalah "Dia ... yang akan membaptis
dengan (dalam) Roh Kudus" (Mat 3:11; Mr 1:8; Luk 3:16; Yoh 1:33).
Baptisan ini merupakan tanda dan ciri dinamis dari pengikut Yesus. Roh
Kudus akan dicurahkan atas mereka supaya mereka dapat melanjutkan karya
penyelamatan-Nya di seluruh dunia (bd. Kis 1:8). Tugas Yesus membaptis
dalam Roh Kudus merupakan tujuan-Nya yang berlangsung sepanjang zaman ini
(lihat cat. --> Mat 3:11; dan
lihat cat. --> Kis 2:39).
[atau ref. Mat 3:11; Kis 2:39]
4 Full Life: MENGARUNIAKAN ROH-NYA DENGAN TIDAK TERBATAS.
Nas : Yoh 3:34
Lihat catatan tentang Yesus diurapi dengan Roh Kudus di
lihat cat. --> Mat 3:16 dan
lihat cat. --> Luk 3:22;
[atau ref. Mat 3:16; Luk 3:22]
lihat art. YESUS DAN ROH KUDUS).
5 Full Life: BARANGSIAPA TIDAK TAAT.
Nas : Yoh 3:36
Kata Yunani yang diterjemahkan "tidak taat" (terjemahan versi
Inggris NIV -- "menolak") ialah _apeitheo_ yang pada dasarnya berarti
"tidak mau tunduk kepada"; istilah ini bertentangan dengan "barangsiapa
percaya" (Yun. _pisteuo_) pada permulaan ayat ini. Bagi Yohanes tidak
percaya berarti "menolak sang Anak," atau tidak taat kepada-Nya. Iman dan
ketaatan sering dapat saling mengganti (bd. Rom 1:8 dengan Rom 16:19;
1Tes 1:8; juga lih. Rom 15:18). Injil datang sebagai suatu karunia
(Rom 5:15-16; 6:23), namun setelah menerimanya tidak berarti kita dapat
bertindak seenaknya. Injil menuntut bahwa kita memasuki jalan keselamatan
yang ditetapkan Allah dan tunduk kepada kebenaran Allah (Rom 10:3;
lihat cat. --> Rom 1:5;
[atau ref. Rom 1:5]
juga
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).